menu melayang

Minggu, 05 Maret 2023

Kawah putih Ciwidey update banget

Kawah Putih Ciwidey ialah salah satu obyek wisata kesukaan di kawasan Bandung Selatan. Bila kalian mau menikmati libur akhir tahun di Kota Kembang, obyek wisata ini dapat jadi alternatif. Dilansir dari halaman resminya, Kawah putih Ciwidey update banget - Kawah Putih ialah danau vulkanik yang tercipta dari letusan Gunung Patuha dekat abad ke- 10 hingga ke- 12 Masehi. Energi tarik Kawah Putih merupakan air danau yang bercorak putih kehijau- hijauan, berpadu dengan panorama hutan mati Cantigi di sekitarnya.

Kawah putih Ciwidey update banget

Tidak hanya menikmati keelokan Kawah Putih, turis dapat berkunjung ke beberapa atraksi wisata yang lain dekat danau kawah. Meliputi, Sunrise Point Sunan Bunda, skywalk Pucuk Cantigi, serta jembatan apung. Lokasinya terletak di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Saat sebelum liburan, turis butuh mengenali rincian harga tiket masuk ke Kawah Putih Ciwidey terkini, selaku berikut. Baca pula: 5 Penginapan Dekat Kawah Putih Ciwidey, Terdapat Resort serta Glamping

HARGA TIKET

Harga Tiket Kawah Putih Ciwidey Bandung yang berlaku dari bertepatan pada 9 Januari 2023 sehabis peningkatan harga tuslah tahun baru dari bertepatan pada 24 bulan Desember tahun 2022- tanggal 8 Januari 2023, semenjak bertepatan pada 9 Januari 2023 kembali ke harga dini jadi Rp. 28. 000 hingga Rp. 81. 000 per orang. Harga Tiket Kawah Putih yang 28K per orang buat turis lokal serta Harga Tiket Kawah Putih yang 81K per orang buat turis Mancanegara. Serta Harga itu belum tercantum ongkos angkutan PP ontang- anting ke pusat Kawah sebesar 29K/ orang.

Demi Kenaikan Pelayanan Prima serta terintegrasi dari Pihak Perhutani, hingga bersumber pada SK GM KBM ECOTOURISM Nomor. 75/ KPTS/ GM/ KBM ECOTOURISM/ 2022 tentang Akomodasi Kawah Putih, harga tiket masuk buat Orang, kendaraan serta wahana terkini Kawah Putih di bulan yang berlaku di Bulan Maret 2023 dapat dilihat dibawah:

ORANG - Regular Season

  • Turis Nusantara: Rp. 28. 000
  • Turis Mancanegara: Rp. 81. 000
  • Tiket Terusan: Rp. 72. 000/ orang( include Ontang- anting, Sky Walk, jembatan Apung)
  • Angkutan Wisata Ontang Anting( PP): Rp. 29. 000
  • Charge Parkir Eksklusive di Pusat Kawah: Rp. 162. 000


PARKIR KENDARAAN DI BAWAH - Regular Season

  • Parkir Motor( R2): Rp. 8. 000
  • Parkir Mobil( R4): Rp. 15. 000
  • Parkir Bus( R6): Rp. 43. 000
  • Jasa Layanan Parkir serta Kebersihan R4: Rp. 20. 000
  • Jasa Layanan Parkir serta Kebersihan R6: Rp. 25. 000
  • Jasa Penitipan Helm: Rp. 2. 500

PUSAT KAWAH

  • Kuda Tunggang: Rp 50. 000
  • Panahan: Rp. 20. 000
  • Halaman Bermain Mini: Rp. 20. 000
  • View Desk Sunan Bunda: Rp. 11. 000
  • Jembatan Apung: Rp. 15. 000
  • Jasa Fhotographer Handal: Rp. 10. 000
  • Charge Fhoto Sesion/ Preewedding: Rp. 500. 000
  • Charge Shooting: Rp. 3. 000. 000

Kawah putih Ciwidey update banget

Sejarah Kawah Putih Ciwidey Bandung

Sama semacam tempat wisata alam Bandung yang lain, kawah putih pula mempunyai sejarah dini mula terjadinya. Sejarah itu pula berasal dari uraian ilmu pengetahuan serta pula cerita rakyat yang tumbuh.

Tetapi, kamu pula dapat bertanya langsung kepada penduduk lokal yang tinggal di dekat kawah buat memahami lebih dalam tentang sejarah dari kawah ini. Berikut ini uraian dini mula dari Kawah putih ciwidey, ialah:

1. Sejarah Terjadinya Akibat Letusan Gunung Patuha

Bagi sejarah, kawah putih tercipta akibat dari letusan Gunung Patuha yang terjalin pada abat 10 serta 12. Letusan yang terjalin itu dikira sangat dahsyat sehingga membagikan pengaruh yang besar pada area dekat dari gunung. Sampai saat ini, Gunung Patuha pula mempunyai sebagian kawah akibat letusan itu.

Tetapi, kawah yang lumayan terkenal merupakan kawah putih Bandung. Perihal ini disebabkan keadaan dari kawah yang dikira mempunyai air bercorak putih. Sementara itu warna putih itu ialah pantulan dari tanah bawah kawah yang bercampur dengan faktor tanah lain.

Pada dini dikenal terdapatnya kawah putih, warga lokal tidak menyangka kalau tempat ini mempunyai kemampuan wisata yang besar. Terlebih keyakinan warga dekat kawah memperhitungkan tempat ini pula sangat angker.

Kawah putih Ciwidey update banget

Sampai pada tahun 1887, seseorang pakar geologi bernama Franz Wilhelm Junghuhn melaksanakan riset di puncak gunung Patuha.

Sehabis dirinya hingga ke daerah puncak ada suatu kawah yang luar biasa dengan air yang kehijauan. Tidak hanya itu, di sebagian sisi pula ada aroma belerang yang sangat menusuk.

Berikutnya, pemerintah Belanda memperhitungkan kalau kawah ini mempunyai kemampuan kapur yang sangat baik. Kemudian dibentuk suatu pabrik kapur yang setelah itu diberi julukan Zwavel Ontgining.

Tetapi, pabrik ini bergeser kepemilikan ke pemerintah Jepang sehabis Belanda tidak lagi berkuasa. Pada dikala Indonesia merdeka, pemerintah sadar hendak kemampuan wisata yang terdapat di posisi ini.

Perihal ini yang membuat pemerintah mengelola dengan membangun bermacam sarana sampai jalan akses yang mencukupi. Bila kalian suka ketinggian, kalian pula dapat berkunjung ke Puncak Bukit Bintang Bandung.

2. Legenda serta Cerita Rakyat Kawah Putih Bandung

Saat sebelum kawah ini ditemui oleh pakar geologi sesungguhnya telah terdapat legenda yang sangat diyakini oleh masyarakat setempat. Pada awal mulanya, tempat ini dikira sangat sakral serta lumayan angker untuk banyak warga.

Apalagi, keadaan ini pula dibuktikan dengan tidak terdapat hewan apapun yang berani melintas di bagian atas dari kawah.


Keyakinan warga setempat mengatakan kalau puncak gunung dari Patuha ada makam keramat dari para leluhur. Makam keramat itu berjumlah 7 yang tiap- tiap mempunyai julukan Eyang. Para leluhur itu terdiri dari:

  1. Eyang Jambrong
  2. Eyang Baskom
  3. Eyang Ngabai
  4. Eyang Barabak
  5. Eyang Camat
  6. Eyang Jaga Satru
  7. Eyang Rangsa Sadana.

Keyakinan yang terus tumbuh di warga membuat sebagian dari masyarakat pula kerap melaksanakan ritual tertentu.

FASILITAS

Kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung sudah dilengkapi bermacam sarana yang mencukupi untuk turis. Zona pelataran parkirnya luas serta nyaman. Untuk yang mau bersantap, sudah ada banyak opsi kios makan.

Di wilayah dekat Kawah Putih Ciwidey Bandung pula ada orang dagang yang menjual abu belerang serta bebatuan khas Kawah Putih Ciwidey Bandung. Cinderamata tersebut efektif mengobati penyakit kulit sampai melenyapkan jerawat.

Sarana yang terdapat di Kawah Putih Ciwidey Bandung, antara lain:

  • Wc Umum
  • Angkutan Ontang Anting
  • Mushola
  • Warung Makan
  • Guide Lokal
  • Shelter
  • Dermaga Ponton
  • Sky Walk
  • Sunan Ibu
  • Spot Fhoto

Berkunjung ke kawah Putih Ciwidey Bandung yang terletak di puncak gunung Patuha di ketinggian 2434 mdpl ini sangat beresiko, bila kamu:

  1. Menceburkan diri berenang dikawahnya yang indah bercorak putih kehijauan
  2. Terletak di posisi kawah utama sepanjang lebih dari 6 jam
  3. Menginap di posisi kawah utama sepanjang lebih dari 2 hari 2 malam tanpa makan serta minum
  4. Merenung sendirian sepanjang seminggu di posisi kawah utama kawah putih( dapat“ kasurupan” ataupun apalagi edan)
  5. Tidak menggunakan pakaian alias ber- bikini seperti di pantai

Seluruh perihal di atas merupakan hal- hal sangat beresiko yang tidak boleh kamu jalani di posisi utama Kawah Putih Ciwidey Bandung yang beralamat lengkap di Jalan. Raya Ciwidey Patengan Kilometer 11 Bandung, Jawa Barat Indonesia 40973 dengan jam buka mulai Pk. 08. 00 serta tutup pada Pk. 17. 00 Wib. Nanti lah, kapan- kapan kita bahas apa saja LARANGAN serta Ketentuan di Kawah Putih Ciwidey Bandung secara lebih mendetil.

Terdapat perihal yang aneh dengan kawah putih ini. Apakah itu?

Secara universal, keadaan Kawah Putih Ciwidey Bandung hari ini tidak lebih alami dari atmosfer Kawah Putih Ciwidey Bandung di masa antara tahun 1884– 2000, dimana pada tahun 1884( katanya) kawah utama gunung Patuha ini meletus serta menghasilkan kawah baru yang hari ini diketahui dengan istilah Kawah Putih. Mengapa diucap Kawah Putih tidak kawah hijau ataupun kawah Patuha? Sebab, warna air kawah baru gunung Patuha ini bercorak putih agak- agak kehijauan. Jika terdapat yang mengatakan kalau warna kawah ini senantiasa berganti itu tidak benar, lebay itu orang! Yang benar merupakan warna Kawah Putih Ciwidey Bandung Gunung Patuha senantiasa saja begitu dari dahulu pula, putih ke- hijau- hijauan. Diantara tahun 1980– 1990- an, kegiatan vulkanis gunung Patuha di Kawah Putih Ciwidey Bandung ini masih dapat nampak jelas(" naha nyaho timana cenah, mang? panan aing urang dieu!"). Gelembung- gelembung uap panas gunung Patuha yang berapi- api mau batuk( meletus) lagi sangat jelas sekali nampak, apalagi kala itu tidak terdapat orang yang berani mendekat ke bibir Kawah Putih Ciwidey Bandung walaupun cuma hanya merasakan hangat nya air kawah sebab begitu kuatnya Bau Belerang di situ. Jangankan seperti saat ini berlama- lama ber- selfy riang gembira di dalam posisi kawah, 10 menit terletak di situ tersiksa banget sebab bau belerangnya yang begitu menusuk.

Terdapat perihal yang aneh dengan kawah putih

Pengelolanya masih sama seperti dahulu Perhutani- Perhutani pula yang berbeda cuma orang- orangnya. Orang- orang perhutani pengelola Kawah Putih Ciwidey Bandung( tukang melindungi gerbang tiket serta menjual tiket masuk) dahulu udah pada tua apalagi telah terdapat yang wafat, Pengelola yang saat ini masih muda- muda( walaupun terdapat yang menawan tampan serta terdapat pula yang tidak menawan- tidak tampan) serta dijaminsemua petugas Kawah Putih itu ramah- ramah serta bersahabat.

Kawah Putih Ciwidey Bandung Gunung Patuha ini saat ini telah betul- betul jadi Wilayah Tujuan Wisata Utama ataupun di Bandung Selatan. Secara Administratif, demography Keberadaan Destinasi wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung terletak di 2( 2) Desa ialah di Desa Sugihmukti serta Desa Alamendah. Jadi jika dalam sebutan bahasa sunda mah disebutnya“ sabeulah ewang”. Alamendah“ sabeulah”, sugihmukti“ ewang”.

Kawah Putih Ciwidey Bandung merupakan primadona wisata di Ciwidey Bandung Selatan. Tempat yang sejuk terletak di tengah- tengah kawasan wisata Ciwidey dekat dengan eMTe Highland Resort, Rancaupas Ciwidey, Glamping Lakeside Rancabali, Ciwalini serta sana patenggang. Kawah Putih Ciwidey Bandung terletak di ketinggian 2434 Mdpl, Kawah Putih Ciwidey Bandung ini sangat diminati oleh para turis yang berkunjung ke Ciwidey Bandung Selatan baik lokal ataupun mancanegara dengan panorama alam yang tidak sempat bosan kala kita terletak di tepi kawah serta salah satunya kawah dimanakita dapat langsung ke pusat kawahnya dengan dilengkapi sarana bonus yang dibentuk oleh pihak perhutani semacam Jembatan Ponton, Cantigi Sky Walk, Sunan Bunda serta yang lagi viral di Maret 2023 ini merupakan spot sunrise sunan bunda Kawah Putih Ciwidey Bandung semacam negara diatas awan Spot Kawah Putih Ciwidey Bandung ini sangat bersahabat untuk para lanjut usia sebab pengelola sediakan tempat spesial untuk lanjut usia.

PAKET KEMPING SUNAN IBU KAWAH PUTIH

SUNAN Bunda KAWAH PUTIH DIBUKA Buat KEMPING, TERBATAS Cuma Buat 2O TENDA. Harga Paket Backpacker 145K/ Orang 8 orang, Harga Paket Explorer 295K/ orang minimun 8 orang

Kawah putih Ciwidey update banget

1. PAKET BACKPACKER( Harga Paket 145K/ orang minimun 8 orang)

Sarana:

  • HTM Kawah Putih
  • Gratis Ponton& Cantigi Skywalk
  • Gratis Sunan Bunda( Spot Sunrise)
  • Gratis Charge jasa reduksi emisi
  • Welcome Drink( Bandrek)
  • Kayu Bakar
  • Air Bersih
  • Fasilitator

Kawah putih Ciwidey update banget

2. PAKET EXPLORER( Harga Paket 295K/ orang minimun 8 orang)

Sarana:

  • HTM Kawah Putih
  • Gratis Ponton& Cantigi Skywalk
  • Gratis Sunan Bunda( Spot Sunrise)
  • Gratis Charge jasa reduksi emisi
  • Welcome Drink( Bandrek)
  • Kayu Bakar
  • Air Bersih
  • Fasilitator
  • Sewa Tenda
  • Makan pagi/ Brakfast/ Sahur&Snack

Kawah putih Ciwidey update banget


" Kerap terdapat yang nanya:" Nyaman ngga, mba?" Jawabannya;" Nyaman Mas/ mba!"

Kawah Putih Ciwidey Bandung dengan sejuta pesona serta magnet yang sangat luar biasa untuk para turis, walaupun telah berulang kali tiba tidak sempat bosan dengan keelokan serta kesempurnaan ciptaan Tuhan YME, Kawah Putih Ciwidey Bandung pula banyak di gunakan shoting film layar lebar semacam wiro sableng, My Heart serta FTV, serta sesuai pula nih buat prawedding, video klip dll.

Kawah Putih Ciwidey Bandung didominasi warna putih, sangat sesuai buat turis yang suka mencari spot gambar Instagramable. Mempunyai kesan romantis serta unik dan jadi latar kesukaan turis buat difoto. Panorama alamnya yang indah, jadi energi tarik turis, paling utama pendamping muda buat mengabadikan momen.

Latar balik kawah serta alam yang eksotis menaikkan kesan alami hasil gambar. Destinasi wisata ini ikut dipopulerkan selaku posisi syuting film Heart pada 2006 silam. Posisi ini pula sering digunakan buat posisi gambar prewedding.

Salah satu spot gambar yang menarik merupakan Sunan Bunda sunrise viewing point. Spot ini ialah salah satu energi tarik untuk turis paling utama pencinta fotografi buat mencari sunrise. Di mari turis bisa menikmati keelokan alam dari atas serta memandang matahari terbit dari ketinggian 2430 mdpl.


HARGA PAKET SUNAN Bunda( EXPLORE SUNAN Bunda KAWAH PUTIH)

Paket Bcakpacker 145k/ ORANG- minimal 8 orang

1. HTM Kawah Putih

2. Gratis Fontoon& Cantigi

3. Gratis Sunan Bunda( Spot Sunrise)

4. Gratis Charge Jasa Reduksi Emisi

5. Wecome Drink

6. Kayu bakar

7. Air Bersih

8. Fasilitator

Kawah putih Ciwidey update banget

" SUNAN Bunda KAWAH PUTIH DIBUKA Buat KEMPING- terbatas cuma utuk 20 tenda"


Macam Kegiatan WISATA

Kawah Putih Ciwidey Bandung kerapkali diselimuti kabut tipis seperti hawa pegunungan yang dingin. Letaknya yang terletak di Puncak Gunung Patuha Ciwidey menaikkan indah nuansa keindahannya. Pada waktu- waktu tertentu kabut tebal bisa turun menyelimuti serta membatasi jarak pandang.

Objek wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung ini salah satu tujuan wisata kesukaan serta sangat diminati turis baik lokal ataupun mancanegara. Pada hari libur biasa jumlah turis/hari berkisar 2. 500– 4. 000 orang. Sebaliknya pada libur panjang jumlahnya bisa menggapai 8. 000 orang perharinya.

Kawah Putih Ciwidey Bandung ialah danau hasil letusan Gunung Patuha pada abad ke- 10 serta ke- 12. Kontur tanahnya bercorak putih yang terjalin secara alamiah dari endapan tuff( abu gunung api). Air danaunya bercorak putih jernih kehijauan.

Macam Kegiatan WISATA KAWAH PUTIH

Kawah Putih Ciwidey Bandung ini dikelilingi pasir putih dengan riak bertabur asap serta letupan lumpur hidup sesekali. Warna kawahnya bisa berganti cocok kandungan belerang, temperatur, serta cuaca di dekat zona. Terkadang bercorak hijau apel, kebiru- biruan, coklat susu, sampai bercorak putih berkabut.

Di mari, di Kawah Putih Ciwidey Bandung, turis hendak mencium bau belerang yang kokoh dari asap yang keluar dari kawahnya( tetapi tidak sekuat dahulu). Dengan tingkatan keasaman besar di kisaran pH 0, 5– 1, 3. Turis dilarang berenang sebab airnya isi sulfur yang sangat besar bisa membahayakan turis.

AKSES

Aksesibiltas mengarah Kawah Putih Ciwidey Bandung bisa ditempuh dengan kendaraan roda 4 dari pintu tol Soreang sepanjang kurang lebih 1 jam 3 menit, dengan kendaraan Roda 2 kurng lebih 45 menit, serta dengan berjalan kaki kurang lebih 7 hingga 8 jam( itu juga kalo kokoh)

Akses jalur mengarah Kawah Putih Ciwidey Bandung telah lumayan gampang. Posisi wisata ini terletak di jarak 44 kilometer arah Selatan kota Bandung. Tepatnya di sebelah kiri jalur raya kilometer 30 Ciwidey– Rancabali, saat sebelum bumi perkemahan Ranca Upas.

Ada 2 jalan opsi, ialah awal dari Gerbang tol Pasteur keluar tol soroja mengirit cuma 15 menit buat mengarah Kawah Putih Ciwidey Bandung, jalan kedua dari arah Jakarta dapat langsung keluar tol soroja yang cuma mengirit Jakarta– ciwidey cuma 2, 5 jam- 3 Jam Mengarah Kawah Putih Ciwidey Bandung pula bisa memakai kendaraan universal. Pas di gerbang masuk, turis hendak menjumpai papan petunjuk arah merambah kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung.


NAIK ONTANG- ANTING KE KAWAH PUTIH

Merambah zona tempat wisata ini, turis hendak diantar mengarah kawasan utamanya dengan Ontang anting. Kendaraan ini merupakan angkutan yang dimodifikasi pihak pengelola buat mengarah pintu masuk. Perihal ini jadi keunikan tertentu untuk turis yang berkunjung ke objek wisata ini.

NAIK ONTANG- ANTING KE KAWAH PUTIH

Harga tiket masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung telah tercantum tarif naik Ontang- anting serta tiket terusan ke wahana. Menaiki kendaraan ini, turis bisa menikmati hawa fresh dari kawasan yang masih murni. Selama jalur hendak nampak hutan natural khas pegunungan.

SPOT SUNRISE SUNAN IBU KAWAH PUTIH

Momen terindah di Kawah Putih Ciwidey Bandung merupakan pagi hari pada dikala matahari terbit. Kemunculan Sun Rise ini dapat travellers saksikan dari Sunan Bunda yang terletak di atas Kawah Putih Ciwidey Bandung. Suatu spot sunrise terbaik Kawah Putih Ciwidey Bandung telah disediakan pengelola supaya travellers dapat menikmati beauthiful sunrise from Kawah Putih Ciwidey Bandung.

SPOT SUNRISE SUNAN IBU KAWAH PUTIH

Buat bisa melihat keelokan sunrise dari Kawah Putih Ciwidey Bandung, travellers wajib naik ke Kawah Putih Ciwidey Bandung dekat jam 4 pagi. Anjuran: terdapat baiknya menginap dahulu di Hotel ataupun penginapan terdekat ke Kawah Putih Ciwidey Bandung.

HOTEL TERDEKAT DI KAWAH PUTIH

HOTEL EMTE DEKAT KAWAH PUTIH

Hotel ataupun penginapan yang sangat dekat dengan Kawah Putih Ciwidey Bandung yakni:

  1. eMTe Highland Resort. Jarak dari penginapan ini ke pintu gerbang Kawah Putih Ciwidey Bandung kurang lebih cuma 50 m.
  2. Awana Resort. Jarak dari penginapan ini ke pintu gerbang Kawah Putih Ciwidey Bandung kurang lebih cuma 70 m.
  3. Grand Sunshine Resort& Convention. Hotel Bintang4 yang terletak di Soreang Bandung
  4. Sutan Raja Hotel& Convention. Hotel Bintang4 Awal di Soreang Bandung
  5. Ciwidey Vavlley Resort. Jarak dari Hotel ini ke pintu gerbang Kawah Putih Ciwidey Bandung kurang lebih cuma 500 m Kawah putih Ciwidey update banget

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel

Label

Arsip Blog