Bandung Jawa Barat mempunyai beragam keindahan Alam yang sangat menakjubkan, salah satunya Bandung Selatan yang mempunai pesona karena terdapat perkebunan teh Rancabali PTPN VIII yang mempunyai alamat Kantor di Jalan Sindang Sirna 4 Bandung. Berikut sekilas data dari Perkebunan Teh Rancabali PTPN VIII sebagai berikut :
»DATA UMUM OBYEK WISATA AGRO
Nama Obyek Wisata Agro Perkebunan Teh Rancabali dan Situ Patenggang, Nama Lokasi Desa Patenggang, Kec. Ciwidey, Kabupaten Terdekat Bandung, Provinsi Jawa Barat, Jarak Lokasi ke Kota Kabupaten Soreang 36 km, Sarana Transportasi dari Ibukota Kabupaten ke Lokasi Bus/angkutan darat, Jarak Lokasi ke Ibukota Provinsi Bandung 46 km, Sarana Transportasi dari Ibu Kota propinsi ke Lokasi Bus / angkutan darat, Jarak Lokasi ke Jakarta Jakarta 176 km, Sarana transportasi dari Jakarta Bus / angkutan darat.
»DATA DASAR OBYEK WISATA AGRO
LAHAN, Jenis Andasol, Luas 3.549 ha (kebun), Elevasi 1400 - 1900 m dpl, Curah Hujan 2682 mm p.a., Suhu Tropis (18 – 25 oC ), Kelembapan 80- 90%, Jenis Ijin Usaha Lahan Hak Guna Usaha, Masa berlaku Ijin Usaha Lahan s.d. 1997, KOMODITAS, Utama Teh (2131 ha), Lainnya -, PRODUKSI, Utama, Jenis produksi Teh Hitam jenis Orthodox, Jumlah produksi 4250 Ton, (Jan - Agu 1995), Lainnya, Jenis Produksi - Jumlah produksi - FASILITAS, Utama, Taman/Kebun Rekreasi Kebun teh untuk teawalk, Sarana Lainnya Pabrik Teh, Pendukung, Penginapan Villa Pranatirta, Villa Ciung Wanara, Villa Kidang Kencana, Parkir Tersedia, Telekomunikasi Tersedia, Tempat Olahraga Lapangan Tennis, Lapanan Sepakbola, arena jalan-jalan di kebun teh (tea walk), Tempat Ibadah Tersedia, Pemandu wisata - Lama Kunjungan 1-2 hari, Tarif Kunjungan -Kantor Informasi Humas PTPN VIII, Jl. Sindang Sirna 4 Bandung.
»POTENSI DAN PROSPEK
Daya Tarik bagi Wisatawan Domestik Perkebunan teh berdampingan dengan Taman Rekreasi Situ Patenggang, Kolam renang air panas Ranca Walini, Objek wisata lain diluar perkebunan seperti Kawah Putih, dll. Daya Tarik bagi Wisatawan Mancanegara Objek wisata Orang Utan, Jumlah Kunjungan wisatawan, dalam 2 tahun terakhir 347000 (domestik), 4000 (mancanegara).
»UPAYA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN
Dari Aspek Perluasan Pasar Kerjasama dengan biro perjalanan umum untuk pemasaran baik dalam dan luar negeri, Dari Aspek keragaman Obyek Memperbanyak / menggali objek wisata lain, objek wisata yang belum dikenal, Membuat atraksi kesenian yang menarik, tea walk, dll. Dari Aspek Fasilitas Meningkatkan dan menambah fasilitas serta pelayanan yang ada, Dari Aspek Promosi Kerjasama dengan Travel Biro untuk melakukan promosi, Membuat leaflet, serta pemuatan berita pariwisata pada media cetak dan elektronik, Mengikuti pameran wisata.